Home > Mafahim > MENCACI MUSLIM ITU SUATU KEFASIKAN, MEMBUNUHNYA ADALAH SUATU KEKUFURAN Bag. Ke 3

MENCACI MUSLIM ITU SUATU KEFASIKAN, MEMBUNUHNYA ADALAH SUATU KEKUFURAN Bag. Ke 3

Demikian pula mngenai kisah Usamah – kekasih Rosulullah saw dan putra dari kekasih beliau – seperti diriwayatkan Imam Bukhari ra dari Abu Zhibyan yang menyatakan bahwa Usamah bin Zaid pernah berkata : “Kami pernah diutus oleh Rasulullah kesuatu kaum (Al Hirqah). Kami datangi mereka diwaktu pagi sehingga kami dapat mematahkannya. Aku dan seorang Anshar menemukan seseorang yang ketika kami sergap, dia mengatakan :
لا إله إلا الله
“Tiada Tuhan yang berhak diibadahi selain Allah”.
Orang Anshar itu tidak mau membunuhnya. Akulah yang menikamnya dengan tombakku sampai ia mati. Ketika kami kembali dari peperangan itu, berita tentang peristiwa tersebut sampai kepada Rasulullah saw. Maka beliau ber bersabda : ‘wahai Usamah, apakah engkau membunuhnya setelah dia mengucapkan Laa Ilaha Illa Allah’. Kau menjawab : ‘Kaana Muta’awidza, dia mengucapkan itu hanya ingin dilindungi’. Belaiau terus menerus mengulangi sabdanya itu sampai-sampai aku berkeinginan (melamun) hari itu (lebih baik) aku belum masuk islam.” Dalam suatu riwayat disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda kepada Usamah bin Zaid : Mengapa tidak engkau bedah saja hatinya sehingga kamu mengetahui benar kebohongannya ? ” Usamah berkata : “Aku tidak akan memerangi (membunuh) seorang yang mengatakan Laa Ilaaha Illa Allah.”
Imam Ali – Semoga Allah memuliakannya – pernah ditanya mengenai orang-orang (kelompok-kelompok) yang menentangnya. Ada yang bertanya kepadanya : “Apakah mereka itu orang-orang munafiq?” “Tidak. Sesungguhnya orang-orang munafiq itu tidak berdzikir kepada Allah kecuali sedikit. Mereka yang menghianatiku itu banyak berdzikir kepada Allah SWT.” Ada yang mendesaknya dengan pertanyaa : “Lalu, siapakah mereka itu.” Beliau menjawab : “Mereka adalah kaum yang tertimpah fitnah (adu domba) lalu menjadi buta dan tuli.”

Categories: Mafahim
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: