Home > Mafahim > SIKAP SYEKH MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB bag. 1

SIKAP SYEKH MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB bag. 1

Ketika Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab mengetahui apa yang disandarkan (dinisbatkan) kepadanya mengenai berbagai paham agama, beliau menaggapinya dengan sikap yang sangat agung. Antara lain beliau mengatakan : Tentu tidak samar lagi pada tuan-tuan, telah sampai (berita) kepadaku bahwa risalah Sulaiman bin Suhaim telah sampai kepada tuan-tuan dan telah diterima bahkan dibenarkan oleh sebagian orang yang mengaku sebagai ahli ilmu dari golongan tuan-tuan. Ketahuilah, sesungguhnya Allah SWT pun mengetahui bahwa orang telah melakukan kebohongan terhadapku mengenai beberapa masalah yang sebetulnya belum pernah aku katakan, bahkan kebanyakan tidak pernah terbetik dalam benakku untuk mengatakannya.
Diantara yang dikatakannya:
-Bahwa aku membatalkan (tidak mengakui) kitab-kitab Imam Madzhab yang empat ;
-Bahwa aku berkata, “Sesungguhnya manusia – sejak 600 tahun – itu tidak mempunyai kemampuan apa-apa”
-Bahwa aku juga mengaku sebagai Imam Mujtahid.
-Bahwa aku keluar dari taqlid .
-Bahwa aku – katanya – mengatakan, “Perbedaan para ulama’ itu merupakan niqmat (siksaan)” .
-Bahwa aku mengkafirkan orang yang bertawasul, mengkafirkan Al Bushiri yang mengatakan (kepada Nabi Muhammad saw) : “Wahai Makhluk yang paling mulia (ya akroma al kholqi)”.
-Bahwa aku mengatakan, “Jika aku mampu menghancurkan kubah Rosulullah saw, pasti aku akan menghancurkannyan dan jika aku berkuasa (untuk berbuat sesuatu) terhadap ka’bah, tentu aku akan menggantikan saluran airnya dengan kayu”.
-Bahwa aku juga mengharamkan Ziarah ke kuburan nabi Muhammad saw dan kuburan kedua orang tuanya.
-Bahwa aku mengkafirkan orang yang brsumpah dengan nama selain Allah.
-Bahwa aku mengkafirkan Ibn Al Faridl dan Ibnu Arabi; bahwa aku pernah membakar kitab Dalail All Khairat dan kitab Raudl Al Rayyahin bahkan menyebutnya sebagi kitab Raudl Al Syayathin

Categories: Mafahim
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

