Home > Kesehatan > Jurus Ampuh Basmi Komedo

Jurus Ampuh Basmi Komedo

Saat facial di salon, komedo di sekitar hidung pasti dibersihkan oleh terapis. Tetapi, beberapa hari atau minggu kemudian, komedo kembali muncul dan menggangu penampilan.

Komedo, baik yang berwarna hitam atau putih, pada dasarnya sama. Komedo putih berubah menjadi hitam karena memiliki simpanan lemak yang teroksidasi. Jika tidak teroksidasi maka warnanya akan tetap putih seperti jerawat kecil.

Komedo memang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Semakin lama dibiarkan, akan membuat pori-pori kulit semakin besar. Untuk mencegah komedo muncul kembali, ada enam langkah mudah yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari laman Total Beauty.

1. Bersihkan wajah secara teraturSelalu bersihkan wajah dengan teratur dan dengan cara yang benar. Pastikan seluruh kulit wajah sudah dibersihkan, jangan sampai masih ada bekas riasan yang tertinggal saat tidur. Sebaiknya gunakan pembersih yang berbasis asam salisilat, karena sangat membantu mengobati dan mencegah komedo. Selain itu juga sangat baik  sebagai antibakteri dan antiinflamasi.

2. TonerGunakan penyegar kulit yang tidak mengandung alkohol, karena bisa membuat kulit menjadi kering. Pilih yang mengandung bahan alami yang bersifat antibakteri, seperti ekstrak teatree. Penyegar atau toner bisa menutup pori-pori dan mengembalikan asam mantel/ pH kulit Anda.

3. Perawatan khusus Komedo paling sering muncul di area sekitar hidung. Untuk itu berikan perawatan khusus di area tersebut. Anda bisa menggunakan serum yang mengandung Nyacinamide (vitamin B3) dan Papain (enzim pepaya). Keduanya sangat efektif untuk menghilangkan komedo.

Nyacinamide membantu menyembuhkan kulit berjerawat dan mengurangi minyak pada wajah yang merupakan komponen dari komedo. Lalu, papain berfungsi sebagai eksfoliasi, yaitu membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

4. PelembabGunakan pelembab bebas minyak. Sebaiknya gunakan yang mengandung asam hyaluronic, untuk membuat kulit selalu dalam keadaan lembab. Jangan lupa gunakan krim pelindung dari sinar matahari saat siang hari.

5. ScrubLakukan scrubbing dua kali dalam satu minggu. Pilih yang teksturnya lembut dan lakukan sambil berikan pijatan ringan. Scrubbing secara teratur adalah kunci untuk menangkal komedo muncul kembali.

6. MaskerGunakan masker yang berbasis bahan kaolin dua kali seminggu. Itu karena kaolin bersifat mencegah pori-pori yang tersumbat pemicu komedo dan juga menyerap minyak.

Categories: Kesehatan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: